JAKARTA – Di tengah kondisi pasar otomotif yang sedang lesu, Daihatsu membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai target penjualan 100 ribu unit pada tahun 2024. Berdasarkan data Jabarpos.id, Daihatsu baru berhasil menembus angka tersebut pada bulan Juli, setelah tujuh bulan beroperasi.
Sepanjang Januari hingga Juli 2024, Daihatsu secara kumulatif telah membukukan penjualan retail sebanyak 103.223 unit. Angka ini menunjukkan penurunan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy), seiring dengan penurunan pasar secara keseluruhan.
Daihatsu mencatatkan penurunan penjualan sebesar 12,4 persen yoy, sementara pasar mobil nasional mengalami penurunan 12,2 persen yoy, dari 578.891 unit menjadi 508.050 unit.
Pada tahun 2023, Daihatsu berhasil mencapai target penjualan 100 ribu unit pada akhir semester pertama. Di periode Januari-Juni 2023, Daihatsu mampu mengirimkan 102.515 unit ke tangan konsumen.
Meskipun penjualan mengalami penurunan, Daihatsu tetap mempertahankan pangsa pasarnya di sekitar 20 persen. Pada Januari-Juli 2024, Daihatsu berhasil mencatatkan pangsa pasar sebesar 20,3 persen, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 20,4 persen.
Penjualan Daihatsu pada bulan Juli sendiri menunjukkan peningkatan sebesar 6,0 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dari 13.065 unit menjadi 13.845 unit.
"Semoga torehan baik di awal semester dua ini dapat menjadi sinyal baik bagi pasar otomotif nasional agar dapat mencatatkan pertumbuhan positif menuju akhir tahun," ujar Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Tri Mulyono.
Daihatsu Sigra Tetap Berjaya
Daihatsu Sigra masih menjadi model terlaris dari Daihatsu di Indonesia, dan memimpin di segmen low cost green car untuk kategori multi purpose vehicle (LCGC MPV).
Pada Januari-Juli 2024, Sigra meraih penjualan retail 34.374 unit, berkontribusi 33,3 persen dari total penjualan Daihatsu selama kurun waktu tersebut. Di segmen LCGC MPV, pangsa pasar Sigra diklaim mencapai 60 persen.
Model-model terlaris lainnya dari Daihatsu adalah Daihatsu Gran Max pikap dan Daihatsu Terios. Gran Max pikap terjual 24.542 unit sepanjang tujuh bulan 2024 dan menyumbang 23,8 persen penjualan Daihatsu, sedangkan Terios meraih 12.642 unit dan berkontribusi 12,2 persen.
Gran Max pikap juga menjadi pemimpin di segmen pick up low dengan pangsa pasar 56 persen, sementara Gran Max minibus menguasai 92 persen segmen low semi commercial dengan volume 8.536 unit.