Rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) Honda telah menjadi sorotan belakangan ini, terutama karena masalah karat dan kerusakan yang muncul. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2019, rangka eSAF telah menjadi tulang punggung beberapa model motor matic Honda. Namun, inovasi ini juga membawa sejumlah pertanyaan dan tantangan.
Dari Genio hingga Vario 160:
Perjalanan rangka eSAF dimulai pada tahun 2019 dengan peluncuran Honda Genio. Rangka ini membawa perubahan besar dalam desain motor matic Honda, mengusung teknologi baru yang fokus pada kekuatan dan efisiensi. Sejak saat itu, rangka eSAF diadopsi oleh model-model populer seperti Honda BeAT, BeAT Street, Scoopy, dan Vario 160.
Teknologi Canggih, Proses Unik:
Berbeda dengan rangka konvensional yang umumnya menggunakan pipa bulat, rangka eSAF Honda dibuat dari lembaran plat baja yang dipotong dan dicetak menggunakan mesin press. Proses ini mirip dengan pembuatan rangka monokok pada mobil, yang dikenal ringan namun kuat.
Keunggulan yang Memikat:
Rangka eSAF menawarkan beberapa keunggulan, salah satunya adalah bobotnya yang lebih ringan dibandingkan dengan rangka konvensional. Hal ini berdampak positif pada efisiensi bahan bakar, karena motor yang lebih ringan akan lebih responsif dan hemat bahan bakar. Sebagai contoh, Honda Vario 160 dengan rangka eSAF memiliki bobot 11,7 kg, lebih ringan dibandingkan dengan Honda Vario 150 yang menggunakan rangka konvensional (12,8 kg).
Selain itu, rangka eSAF dirancang untuk lebih kaku dan kuat, memberikan stabilitas dan kenyamanan berkendara yang lebih baik.
Masalah Karat yang Mengkhawatirkan:
Meskipun menawarkan berbagai keunggulan, beberapa masalah telah muncul terkait dengan rangka eSAF, terutama masalah karat dan kerusakan. Hal ini menarik perhatian Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yang melakukan penelitian mendalam terhadap rangka eSAF pada Agustus hingga September 2023.
Penelitian tersebut menemukan bahwa struktur rangka memang kuat dan memenuhi standar manufaktur global, namun terdapat potensi masalah korosi pada bagian dalam rangka yang tidak dilapisi coating secara sempurna.
Solusi dan Tindak Lanjut:
Menanggapi masalah tersebut, PT Astra Honda Motor (AHM) sedang melakukan optimalisasi terhadap perlindungan rangka dari korosi. Salah satu langkah yang diambil adalah meningkatkan metode pelapisan untuk mencegah terjadinya karat di masa depan. Bagi konsumen yang mengalami masalah pada rangka eSAF di luar masa garansi, AHM menyarankan penggantian rangka dengan yang baru, dengan harga yang relatif terjangkau.
Garansi dan Keamanan:
Untuk memberikan rasa aman kepada konsumen, AHM menawarkan garansi resmi untuk rangka eSAF, yang mencakup rangka dan sistem kelistrikan. Garansi ini berlaku selama satu tahun atau hingga jarak tempuh 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dulu. Jika terjadi masalah seperti karat atau kerusakan pada rangka selama periode garansi, pemilik motor dapat mengajukan klaim garansi di bengkel resmi Honda (AHASS).
Harga dan Daftar Motor:
Harga rangka eSAF Honda bervariasi tergantung pada model motor. Misalnya, rangka Honda Genio dijual dengan harga sekitar Rp1,12 juta, sedangkan rangka Honda Vario 160 dibanderol sekitar Rp1,37 juta. Berikut adalah daftar motor Honda yang menggunakan rangka eSAF:
- Honda BeAT
- Honda BeAT Street
- Honda Genio
- Honda Scoopy
- Honda Vario 160
- Honda Stylo
Kesimpulan:
Rangka eSAF Honda merupakan inovasi penting yang menawarkan banyak keunggulan, namun tantangan seperti korosi dan kerusakan tidak dapat diabaikan. Dengan adanya garansi resmi dan langkah-langkah optimasi yang sedang dilakukan oleh AHM, diharapkan konsumen dapat menjaga motor mereka dalam kondisi optimal dan meminimalkan risiko kerusakan di masa depan.